Rabu, 30 April 2014

Jahe

Didalam Kitab Suci Al-Quran, tepatnya QS. Al-Insan ayat 17-18 dinyatakan bahwa jahe minuman yang dihidangkan kepada ahli surga

وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنْجَبِيلًا ● عَيْنًا فِيهَا تُسَمَّى سَلْسَبِيلًا

Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. (Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil.” (QS. Al Insan: 17-18)
Dari keterangan ayat diatas terlihat bahwa salah satu gambaran tentang surga yang diberikan Al-Quran adalah segelas minuman yang akan diberikan kepada para penghuninya (ahli surga), yaitu minuman bercampur Zanzabil atau Jahe. Ada dua hal yang menarik dari penggambaran ini adalah ukuran dan jenis minuman. ukuran “segelas” dan jenis minuman”zanzabil/jahe”.
Ayat Al-Quran diatas sudah sepantasnya mengusik hati khususnya para muslimin. Mengapa jahe dijadikan campuran minuman di surga? mengapa bukan yang lain? baik secara ilmiah maupun agama, Apakah jahe merupakan tanaman favorit di Arab ketika Al Quran diturunkan? Atau zanjabil hanyalah pinjaman kata arab untuk menggambarkan sesuatu yang mirip jahe di surga? Orang-orang yang tinggal di daerah panas, seperti jakarta, surabaya atau makassar tentu akan lebih tertarik bila diiming-imingi es kelapa muda, atau jus alpukat, lemon tea atau capucino (hehe..).
jahe minuman surga Jahe minuman surgaYang jelas saking hebatnya jahe ini sehingga termaktub dalam al-Quran seperti herbal lainnya yang hebat seperti madu, kurma, zaitun, tin dan lainnya yang banyak manfaatnya. Jadi jangan ragu lagi menggunakan jahe sebagai bahan pengobatan herbal bagi kesehatan tubuh kita. bahkan jahe sudah bisa kita temukan di minuman-minuman tradisional kita seperti teh jahe, wedang jahe, bandrek dan lainnya.
Jahe telah menjadi bahan penelitian yang cukup intensif. Ratusan hasil penelitian tentang jahe telah dipublikasikan. Melihat hal tersebut, kita hanya bisa bergumam, “Sayangnya, yang meneliti bukan ilmuwan muslim yang memperoleh inspirasi dari Quran ….”


Manfaat dan Khasiat Jahe

manfaat jahe 300x211 Manfaat dan Khasiat JaheJahe, siapa yang tak kenal jahe? Tanaman yang berasal dari asia ini sudah sangat popular dikalangan masayarakat khususnya di Indonesia, sejak dahulu tanaman jahe sudah dibudidaya, kebanyakan jahe digunakan sebagai bumbu masakan, juga dibuat beraneka ragam minuman khas dan minuman tradisional sebagai penghangat badan untuk kesehatan.
Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale Rose dan banyak digunakan pula sebagai bahan resep pengobatan tradisional, jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusa, karena sifatnya sebagai antiinflamasi dan anti bakteri. Beberapa manfaat dan khasiat jahe adalah :
  1. Meningkatkan kekebalan tubuh, Mengkonsumsi jahe secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan terhadap berbagai penyakit, rata-rata orang lebih sehat  apabila menyukai minuman yang berasal dari tanaman jahe ini.
  2. Meredakan sakit kepala dan migrain, Apabila anda memiliki keluhan sakit kepala atau migrain segera ambil sepotong jahe dan kunyah sampai lembut dan keluar rasa hangat di mulut, cara ini diyakini mampu meringankan sakit kepala dan migraine.
  3. Obat anti mabuk kendaraan, Bagi yang kebiasaan mabuk di perjalanan kendaraan khususnya untuk orang yang sering berpergian jauh, dengan minum jahe sebelum melakukan perjalanan  tersebut maka akan terbebas dari mual dan mabuk kendaraan.
  4. Perbaiki masalah pencernaan, Jahe sangat baik bagi penderita masalah pencernaan, jahe bisa menghilangkan sakit perut (kram  perut dan masalah pada organ pencernaan lainnya).
  5. Mengontrol kadar gula dalam darah, Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa minum jahe dipagi hari mampu mengontrol kadar gula dalam darah.
  6. Mengatasi masalah di tenggorokan, Rasa gatal pada tenggorokan mampu  diatasi oleh jahe, caranya dengan minum jahe  hangat di pagi siang dan malam hari, gatal akan terkikis dan menghilang.
  7. Sebagai anti inflamasi, Jahe memiliki senyawa gingerol yang menjadi bahan anti inflamasi, membantu mengurangi gejala arthritis (radang sendi), osteo arthritis dan rheumatoid arthritis
  8. Mencegah kanker usus besar, Menurut sebuah studi, Jahe ternyata memperlambat laju pertumbuhan sel kanker kolorektal penyebab terjadinya kanker usus besar.
  9. Mengoptimalkan sirkulasi darah, Didalam jahe terkandung zat seng, kromium dan magnesium, zat ini berfungsi membantu sirkulasi darah dalam tubuh menjadi optimal.
 Manfaat jahe bagi kesehatan tubuh sangat banyak sekali, diantara nya untuk pengobatan, disini ada resep jahe untuk pengobatan berbagai penyakit.
Masuk angin
Ambil  jahe tua seukuran ibu jari lalu dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air putih dan beri sedikit gula aren. Didihkan sekitar ¼ jam lalu saring. Minum hangat-hangat, masuk angin akan segera hilang dan tubuh terasa segar.
Batuk
Jahe, biasa digunakan sebagai obat batuk tradisional, Caranya, ambil jahe seibu jari lalu dicuci dan dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum air rebusan itu sekaligus. Gatal ditenggorokan penyebab batuk pun hilang seketika.
Sakit kepala/migrain
Jahe juga bisa untuk mengobati sakit kepala, Caranya, ambil seibu jari jahe kemudian dicuci dan  dibakar, setelah itu dimemarkan. Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren. Minum airnya sekaligus.
Rematik, nyeri pinggang dan nyeri punggung
Jika anda sering mengalami rematik atau sakit pinggang, resep ini bias anda lakukan, gunakan jahe untuk mengobatinya. Tumbuk rimpang jahe yang sudah dicuci bersih, lalu beri sedikit minyak zaitun, Gosokkan ke bagian yang sakit.
Mabuk perjalan dan mengeluarkan gas dari perut
Seibu jari rimpang jahe dicuci dan diiris-iris, lalu direbus dengan segelas air. Tunggu sampai agak dingin. Minum air rebusan tersebut sekaligus. Baiknya diminum sebelum perjalanan terutama yang sering mabuk kendaraan.
Mual
Jahe juga bisa dijadikan untuk mengobati perut mual, caranya seibu jari jahe dicuci dan dimemarkan. Seduh dengan segelas air. Beri sedikit asam jawa dan gula batu. Aduk, saring, lalu minum sekaligus.
Eksim
Ambil seibu jari jahe diparut lalu diperas. Parut juga sebuah lobak, lalu campurkan dengan air perasan jahe. Tambahkan sedikit air hangat. Tempelkan pada bagian yang terkena eksim.
Panu
Ambil dan tumbuk 2 ruas jahe dan segenggam daun turi yang sudah dicuci bersih. Balurkan ramuan tersebut pada kulit yang mengalami panu.
Terkilir
Ambil Dua ruas jahe diparut lalu tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan dua kali sehari, dengan agak sedikit diurut.
Vitiligo (bercak putih karena kehilangan pigmen)
30 g jahe dibersihkan lalu dibuat jus. Bubuhkan jus tersebut pada kulit yang menderita vitiligo.
Borok
Seibu jari rimpang jahe dicuci lalu diparut. Gunakan parutan itu untuk mengompres luka.
Digigit ular
Lumatkan seibu jari rimpang jahe yang sudah dicuci. Beri sedikit garam. Tempelkan pada luka bekas gigitan ular dan segera bawa ke dokter.
Gatal karena gigitan serangga
lumatkan jahe yang sudah dicuci. Gosokkan pada bagian yang gatal.
Cacing gelang
60 g jahe segar dicuci lalu dilumatkan dan diberi segelas air. Saring, beri 1 sendok makan madu. Ramuan ini untuk diminum 3 x sehari.

Beberapa manfaat jahe diatas baru sedikit saja, dan masih banyak manfaat jahe yang belum bisa kami paparkan disini, jadi bagi anda yang peduli akan kesehatan anda dan tidak ingin terjadi keluhan-keluhan seperti diatas sekarang tinggal mengkonsumsi jahe, dan jangan lupa sediakan selalu jahe di rumah anda, sebagai bumbu masakan atau bahan minuman hangat untuk mengatasi berbagai keluhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar